Sunday, April 17, 2011

Ekonomi Q&A: Apakah kenaikan PPN merugikan kinerja ekonomi Inggris?

Pada 4 Januari 2011, tingkat standar pajak pertambahan nilai (PPN) melonjak dari 17,5% menjadi 20%.  Untuk pertama kalinya, laju Inggris PPN kini sama dengan tarif dasar pajak penghasilan!  Perdana Menteri David Cameron telah menyatakan secara terbuka bahwa kenaikan PPN kemungkinan akan permanen bukan sementara.  Ekonomi Inggris sehingga harus menyesuaikan diri dengan tarif yang lebih tinggi tetapi apa adalah beberapa konsekuensi makroekonomi mungkin?

Kinerja ekonomi dapat diukur dan dinilai dalam beberapa cara diantaranya:

• Laju pertumbuhan PDB riil (fokus di sini pada komponen-komponen AD - CIG (XM))
• Tingkat inflasi harga konsumen (% perubahan tahunan pada harga konsumen)
• Pengangguran dan tingkat lapangan kerja
• Saldo perdagangan barang dan jasa (kinerja perdagangan eksternal kita)
• Supply-sisi indikator seperti investasi pertumbuhan produktivitas dan profitabilitas bisnis

Kenaikan PPN merupakan bagian dari kebijakan "pengetatan fiskal" oleh pemerintah koalisi.  Mereka telah memutuskan untuk menggunakan campuran memotong pengeluaran pemerintah dan pajak yang lebih tinggi untuk mengurangi skala defisit anggaran.  PPN adalah profil paling tinggi pajak meningkat meskipun ada beberapa orang lain termasuk tingkat yang lebih tinggi dari cukai dan pajak pada bonus bank.  PPN merupakan sumber utama pendapatan bagi pemerintah.  Kenaikan PPN diharapkan dapat bersih sekitar £ 13bn ekstra per tahun ke kas pemerintah - sekitar 16% dari total penerimaan pajak berasal dari PPN, dibandingkan dengan 20% di sebagian besar negara Uni Eropa lain.

Ketika menganalisis pengaruh PPN terhadap ekonomi makro ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan:

1 / Efek pada permintaan rumah tangga, distribusi pendapatan dan ekonomi bayangan

Jika PPN lebih tinggi feed melalui ke harga yang lebih tinggi di toko-toko, ia akan meminta penurunan pendapatan riil khususnya pada saat upah membeku, bahan bakar yang lebih tinggi dan biaya energi, tarif kereta api lebih mahal dan harga makanan.  Orang-orang akan memiliki penghasilan kurang discretionary untuk membeli barang dan jasa menyebabkan pertumbuhan konsumsi lemah - konsumsi merupakan komponen tunggal terbesar dari permintaan agregat.  industri Kenyamanan tampaknya menjadi sangat berisiko.

Tidak semua produk yang dikenakan PPN - perbankan, pendidikan dan kesehatan dikecualikan seperti juga buku, majalah, koran dan makanan yang paling (kecuali dibeli dan dimakan di restoran a) sewa dan rumah baru.  Air adalah bebas tetapi listrik, minyak dan gas bumi dikenakan PPN - meskipun pada tingkat dikurangi jika untuk keperluan rumah tangga.  Dan tidak semua pengecer akan lulus pada PPN terutama di pasar harga yang sensitif dengan harga tinggi elastisitas permintaan.

Ada perdebatan politik sengit tentang apakah kenaikan PPN memiliki efek regresif pada miskin untuk keluarga berpendapatan menengah.  Perdagangan Serikat dan Partai Buruh mengklaim bahwa PPN merupakan pajak regresif berarti bahwa proporsi pendapatan individu dihabiskan untuk PPN jatuh sebagai satu naik skala pendapatan.  Tetapi yang lain berpendapat bahwa sifat regresif dari pajak tidak begitu parah seperti ini.  Jika kita fokus pada pengeluaran daripada pendapatan, selama seumur hidup, PPN akan cenderung progresif (menurut penelitian dari IFS) karena hal-hal yang tidak dikenakan tingkat utama PPN adalah kebutuhan yang dikonsumsi secara tidak proporsional oleh rumah tangga miskin.

Kenaikan PPN diharapkan dapat meningkatkan ukuran ekonomi bayangan.  PPN secara luas dihindari.  Saat ini diperkirakan bahwa sekitar 14% dari PPN adalah ilegal yang belum dibayar atau oleh-melewati misalnya PPN tidak dibebankan pada impor kurang dari 3100 yang mengapa begitu banyak CD dan DVD yang diimpor ke Inggris dari pulau-pulau Channel!  Jika ekonomi tumbuh bayangan, mencatat PDB akan menderita tetapi paradoks total belanja konsumen menggunakan uang tunai akan naik merangsang permintaan di berbagai lokasi.

2 / Efek pada sektor ritel Inggris yang mempekerjakan 3 juta orang dan menyumbang 25% dari PDB

Belanja konsumen diharapkan tumbuh lebih cepat daripada PDB di masing-masing tiga tahun ke depan.  pendapatan Jatuh nyata dan berenang ganda mungkin di pasar perumahan adalah dua faktor kunci di sini.  Ramalan konsensus bagi perekonomian adalah bahwa GDP riil akan tumbuh sebesar 2% pada tahun 2011, namun konsumsi hanya akan 1,3% lebih tinggi dan meningkat hanya 1,5% diharapkan pada tahun 2012.  Jika permintaan rumah tangga yang rapuh, banyak pengecer akan merasakan penjepit dan ribuan pekerjaan beresiko.

3 / Dampak terhadap ekspektasi inflasi dan inflasi.

Inflasi telah di atas target 2% untuk sebagian dari tiga tahun terakhir dan lonjakan PPN akan menyebabkan lift lebih lanjut dalam inflasi IHK pada paruh pertama tahun 2011 sebelum efek jatuh dari perhitungan pada awal 2012.  Kenaikan PPN terbaru harus menambahkan 2,1 persen menjadi harga item yang paling dan mungkin mendorong inflasi menjadi 4% atau lebih tinggi.  Bank of England memahami bahwa sebagian besar kenaikan inflasi akan dipulihkan dalam waktu setahun - tapi dengan tekanan inflasi lainnya mounting, PPN lebih tinggi mungkin hanya membawa mengakhiri periode suku bunga ultra-rendah yang telah memberikan dukungan kepada  ekonomi selama resesi.

4 / Dampak keseluruhan terhadap pertumbuhan ekonomi pada tahapan penting dari siklus ekonomi

Peningkatan dari 17,5 persen akan mengurangi produk domestik bruto sebesar 0,3 persen, atau £ 4,6 miliar pada 2011/12, menurut Kantor independen untuk Tanggung Jawab Anggaran.  Sebuah studi yang lebih luas dari pengurangan pengeluaran pemerintah dan PPN naik dari Chartered Institute of Personalia dan Pembangunan telah menemukan bahwa memencet fiskal akan menghasilkan lebih dari 1,6 juta kehilangan pekerjaan di sektor publik dan swasta pada tahun 2016.

5 / Imbalan jangka menengah untuk mengurangi defisit fiskal.

Salah satu argumen adalah bahwa tindakan yang kuat sekarang untuk mengurangi defisit akan membawa dividen makroekonomi di masa depan karena akan membatasi dan akhirnya mengurangi ukuran gunung utang nasional dan memotong kebutuhan untuk kenaikan pajak di masa mendatang.  Apakah alternatif untuk pajak yang lebih tinggi seperti kenaikan kontribusi asuransi nasional memiliki efek yang lebih buruk?

Kanselir George Osborne telah berulang kali menyatakan bahwa alternatif utama - kenaikan kontribusi asuransi nasional - akan memiliki efek yang lebih merusak di pasar pekerjaan dan ekonomi - dia menyebutnya suatu Ia telah meminta kenaikan dalam PPN "pajak atas pekerjaan."  "perubahan pajak struktural untuk berurusan dengan defisit anggaran struktural."

Osborne berharap bahwa pemulihan kuat di Inggris ekspor barang dan jasa dan menjemput di belanja modal usaha akan membantu untuk mengimbangi pengeluaran konsumen lebih lambat dan mendorong orang untuk menyimpan sedikit lebih untuk melunasi sebagian dari hutang yang ada mereka.  Tapi ini diantisipasi-menyeimbangkan kembali ekonomi tersebut tergantung pada kekuatan ekonomi dunia dan juga kemungkinan depresiasi sterling terhadap dolar AS dan Euro - tidak ada yang tertentu.

ekonom Keynesian cenderung percaya bahwa tidak ada kasus yang kuat harus dibuat untuk memotong pengeluaran pemerintah dan menaikkan pajak saat ini, pemulihan ekonomi terlalu rapuh.

Inggris tidak sendirian dalam Eropa dalam meningkatkan PPN.  Portugal, Polandia, Latvia dan Slovakia, telah ditunda peningkatan pajak penjualan untuk awal tahun 2011 - sebagian besar lebih dari 20 persen.  Dan meskipun tingkat 20% kemungkinan untuk tetap berada di Inggris selama beberapa waktu, masih ada ruang untuk memperluas jangkauan yang lebih luas untuk barang dan jasa.

Secara keseluruhan kenaikan PPN kemungkinan akan menyebabkan inflasi yang lebih tinggi, mengurangi pertumbuhan GDP, dan hilangnya pekerjaan sebagian pada tahun 2011 dan ke 2012 - sehingga beberapa penurunan tiga indikator mikroekonomi dengan mengorbankan keuangan pemerintah membaik.  Tetapi dalam jangka panjang tingkat PPN 20% tidak mungkin untuk memiliki efek yang nyata pada daya saing dan pertumbuhan Inggris.  Kecenderungan PDB jangka panjang didorong oleh faktor-faktor sisi penawaran seperti kemajuan teknologi, pertumbuhan penduduk usia kerja, kerja yang dikembangkan dan insentif perusahaan dan skala dan kualitas belanja modal investasi).
Selengkapnya...

Siklus Working Capital

Siklus modal kerja dapat didefinisikan sebagai:

Periode waktu yang berlalu antara titik di mana tunai mulai akan dikeluarkan pada produksi produk dan pengumpulan kas dari pelanggan

Diagram dibawah menggambarkan siklus modal kerja untuk sebuah perusahaan manufaktur


Bagian atas dari diagram di atas menunjukkan dalam bentuk yang disederhanakan rantai peristiwa dalam perusahaan manufaktur.  Setiap kotak di bagian atas diagram dapat dilihat sebagai sebuah tangki melalui aliran dana.  Tank ini, yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari, memiliki dana yang terus mengalir masuk dan keluar dari mereka.

• Rantai dimulai dengan perusahaan membeli bahan baku secara kredit.

• Pada waktunya saham ini akan digunakan dalam produksi, pekerjaan akan dilakukan pada saham, dan akan menjadi bagian dari pekerjaan perusahaan dalam proses (WIP)

• Pekerjaan akan dilanjutkan pada WIP sampai akhirnya muncul sebagai produk jadi

• Sebagai produksi berlangsung, biaya tenaga kerja dan overhead perlu dipenuhi

• Tentu saja pada beberapa kreditur kancah perdagangan perlu dibayar

• Ketika barang jadi yang dijual secara kredit, debitur meningkat

• Mereka akhirnya akan membayar, sehingga uang tunai akan disuntikkan ke perusahaan

Masing-masing daerah - saham (bahan baku, barang dalam proses dan barang jadi), piutang usaha, uang tunai (positif atau negatif) dan hutang usaha - dapat dipandang sebagai tank ke dan dari mana aliran dana.

Modal kerja adalah jelas bukan hanya aspek bisnis yang mempengaruhi jumlah kas:

• Bisnis akan harus melakukan pembayaran kepada pemerintah untuk perpajakan

• Aktiva tetap akan dibeli dan dijual

Lessor • aktiva tetap akan membayar sewa mereka

• Pemegang Saham (yang ada atau baru) dapat menyediakan dana baru dalam bentuk uang tunai

• Beberapa saham dapat dilunasi dengan uang

• Dividen dapat dibayar

• kreditur pinjaman jangka panjang (yang ada atau baru) dapat memberikan dana pinjaman, pinjaman harus dibayar kembali dari waktu ke waktu, dan

kewajiban bunga • harus dipenuhi oleh bisnis.

Tidak seperti gerakan di item modal kerja, sebagian besar transaksi tunai ini 'modal bukan kerja' tidak peristiwa sehari-hari.  Beberapa dari mereka adalah acara tahunan (misalnya pembayaran pajak, pembayaran sewa, dividen, bunga dan, mungkin, pembelian aktiva tetap dan penjualan).  Lain-lain (misalnya ekuitas baru dan keuangan pinjaman dan pelunasan ekuitas tua dan keuangan pinjaman) biasanya akan peristiwa langka.

Selengkapnya...

Sebuah RAHASIA PENGELOLAAN KEUANGAN

Sebuah produktif besar biasanya dianggap untuk mengukur kekayaan seseorang.  Namun, mengapa begitu banyak orang dengan penghasilan besar sering berakhir kehabisan uang di tengah atau di akhir bulan?  Apa masalahnya?

Jika Anda memiliki pekerjaan sekarang, apakah Anda ingat yang pertama Anda pernah?  Biasanya, pengalaman pertama bekerja adalah pengalaman yang paling tak terlupakan.

Mari kita ambil contoh.  Anto masih tinggal bersama keluarganya sampai ia mendapat pekerjaan pada usia 23, sebagai juru tulis di sebuah perusahaan perdagangan.  Pada saat itu, ia baru saja lulus.  Meskipun ia harus pergi melalui masa percobaan, Anto sangat senang ketika ia tahu bahwa ia akan mendapatkan gaji pertamanya.  Gajinya Rp 600.000, yang ia akan menerima pada tanggal 27.

Kita bisa menebak apa yang dia ingin lakukan: ia ingin memperlakukan keluarganya.  Dia ingin mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk mendapatkan gaji untuk pertama kali dalam hidupnya, dan ia juga ingin menunjukkan kepada mereka bahwa ia bebas sekarang.

Mari kita lihat: ia menerima gaji pada tanggal 27.  Pada tanggal 29 ia mengambil keluarganya keluar untuk makan di all-you-can-eat restaurant, sehingga setiap dari mereka bisa memuaskan selera mereka.  Biaya pra-pajak untuk satu orang sebesar Rp 22.000, dan setelah pajak Rp 24.200 per orang.  Semua anggota keluarganya 7, yang terdiri dari ayah, ibu, satu kakak dan 3 adik menjengkelkan.  Semua adalah 6, plus Anto berhasil 7.  Itu berarti bahwa ia harus membayar tagihan makan malam sebesar Rp 169.400.  Yang berarti, hanya 2 hari setelah ia menerima gaji, ia telah menghabiskan 28 dari% dari gaji untuk bulan itu.  Jadi, ia hanya Rp 430.600 tersisa untuk sisa bulan.

"Tidak masalah", pikir Anto.  "Ini keluarga saya sendiri bahwa saya diperlakukan, bukan orang lain.  Selain itu, tidak setiap hari saya melakukan itu.  Sebulan sekali sudah cukup. "Pergi Hari oleh.  Satu minggu, 2 minggu, 3 minggu.  "Hmm... bahwa barang di mal terlihat cukup baik.  Ada kemeja tampak sangat menarik.  Oke, harganya Rp 28.000.  Ada juga pasangan ini bagus celana panjang untuk dipakai untuk bekerja.  Sangat murah, biaya hanya Rp 65.000.  Ini tidak akan sakit untuk tampil gaya di kantor ".  Dia kemudian mulai membeli sesuatu.  "Oke", Anto berpikir, "satu kemeja dan sepasang celana untuk bulan ini.  Sisa gaji saya akan digunakan untuk transportasi dan makanan sampai akhir "bulan.

Apa yang terjadi?  Pada tanggal 24 bulan berikutnya, hanya tiga hari sebelum hari gajian nya kedua bulan, ia hanya Rp 50.000 kiri.

Anto mulai berpikir.  Oke...., Seperti itu karena ia menghabiskan sebagian besar uangnya untuk merawat keluarganya.  Juga ini adalah waktu kerja pertama.  Dalam bulan-bulan mendatang, keuangan akan lebih baik.

Bulan kedua, ia mendapat gaji lagi.  Masih dalam jumlah yang sama.  Tidak meningkatkan belum.  Perbedaannya adalah tidak lebih memperlakukan keluarga.  Hari dan minggu berlalu.  Beberapa hari sebelum gaji ketiga, dia hanya memiliki Rp 75.000 kiri.

Tiga bulan berlalu, ia akhirnya diterima sebagai karyawan tetap.  Dia mendapat Rp 150.000 meningkat menjadi Rp 750.000.  "Tidak buruk", pikir Anto.  Ini berarti bahwa aku akan bisa "nafas" dan menyimpan sedikit.  Tapi anehnya, beberapa hari bahkan sebelum jangka waktu satu bulan berakhir, masih hanya sedikit uang tersisa.  Bulan keenam, bulan ketujuh, bulan delapan, meskipun ia mendapat kenaikan gaji, namun ia masih kehabisan uang dan tidak bisa menempatkan setiap ke tabungan.

Sebagai soal fakta, Anto bukanlah satu-satunya, yang berpenghasilan di bawah Rp 1 juta, dengan masalah ini.  Bahkan orang-orang dengan jutaan pendapatan per bulan masih memiliki masalah menabung.

Apa yang sebenarnya terjadi?  Banyak orang berpikir bahwa dengan mendapatkan kenaikan gaji, mereka tidak akan kehabisan uang di tengah bulan dan mereka dapat menyimpan dengan pasti.  Setiap bulan mereka berharap bahwa mereka akan mendapatkan menaikkan bulan ke depan.  Tetapi setelah mereka benar-benar mendapatkan kenaikan gaji, mereka masih kehabisan uang.

Hal ini jelas bahwa solusi di sini tidak terletak pada seberapa besar pendapatan Anda.  Jumlah penghasilan Anda tidak menjamin bahwa Anda tidak akan kehabisan uang di tengah bulan.  Ukuran penghasilan Anda tidak menjamin bahwa Anda akan dapat menyelamatkan.  Kuncinya di sini adalah bukan berapa banyak uang yang Anda hasilkan, tapi bagaimana Anda mengelola penghasilan Anda sehingga dapat ditarik dalam waktu satu bulan.

Tidak ada cara tetap pada metode yang tepat untuk mengelola keuangan Anda.  Namun, berdasarkan dari pengalaman, ada beberapa hal yang dapat membantu Anda mengelola keuangan Anda dengan baik setiap bulan:

Rencana Anda pendapatan dan pengeluaran setiap bulan.
Melaksanakan rencana ketat.
Memiliki dana cadangan.
Gabung rencana asuransi.
Dalam nomor berikutnya, kita akan membahas masing-masing pendekatan.


Selengkapnya...

Memenuhi kebutuhan modal kerja sebuah bisnis

Pengantar

industri yang berbeda memiliki profil yang berbeda modal kerja yang optimal, mencerminkan metode mereka dalam melakukan bisnis dan apa yang mereka jual.

Bisnis • dengan banyak penjualan tunai dan penjualan beberapa kredit harus memiliki piutang usaha minimal.  Supermarket adalah contoh yang baik dari usaha tersebut;

• Bisnis yang ada untuk perdagangan produk-produk selesai hanya akan sudah selesai barang dalam persediaan.  Bandingkan ini dengan produsen yang juga harus menjaga stok bahan baku dan barang dalam proses.

• Beberapa barang jadi, terutama bahan makanan, harus dijual dalam jangka waktu terbatas karena sifat fana mereka.

• perusahaan besar mungkin dapat menggunakan kekuatan tawar mereka sebagai pelanggan untuk mendapatkan yang lebih baik, persyaratan kredit yang diberikan dari pemasok.  Sebaliknya, perusahaan kecil, terutama yang baru-baru ini memulai perdagangan (dan tidak memiliki track record kelayakan kredit) dapat diminta untuk membayar pemasok mereka dengan segera.

• Beberapa bisnis akan menerima uang mereka pada waktu tertentu tahun, meskipun mereka mungkin dikenakan biaya sepanjang tahun pada level yang cukup konsisten.  Hal ini sering dikenal sebagai "musiman" arus kas.  Sebagai contoh, agen perjalanan memiliki penjualan puncak pada minggu-minggu segera setelah Natal.

kebutuhan modal kerja juga berfluktuasi sepanjang tahun

Jumlah dana terikat dalam modal kerja tidak akan biasanya menjadi tokoh konstan sepanjang tahun.

Hanya di usaha yang paling tidak biasa akan ada kebutuhan tetap untuk pembiayaan modal kerja.  Bagi sebagian besar bisnis akan ada fluktuasi mingguan.

Banyak perusahaan beroperasi di industri yang memiliki perubahan musiman dalam permintaan.  Ini berarti bahwa penjualan, saham, debitur, dll akan berada di tingkat yang lebih tinggi pada beberapa kali diprediksi tahun dari pada yang lain.

Pada prinsipnya, kebutuhan modal kerja dapat dipisahkan menjadi dua bagian:

• Sebuah bagian tetap, dan

• Bagian berfluktuasi

Bagian tetap mungkin didefinisikan dalam jumlah sebagai persyaratan modal minimum kerja tahun berjalan.  Hal ini secara luas menganjurkan bahwa perusahaan harus dibiayai dengan cara yang ditunjukkan dalam diagram di bawah ini:



Kebutuhan yang lebih permanen (aktiva tetap dan unsur modal kerja tetap) harus dibiayai dari sumber yang cukup permanen (misalnya ekuitas dan saham pinjaman); elemen berfluktuasi harus dibiayai dari sumber jangka pendek (misalnya rekening koran), yang  dapat diambil pada dan dilunasi dengan mudah dan dalam waktu singkat.

Selengkapnya...

pengertian working capital (modal kerja)



Pentingnya modal kerja

Definisi modal kerja

Modal kerja bersih suatu bisnis adalah aktiva lancar dikurangi kewajiban lancar

Aktiva lancar meliputi:

- Persediaan bahan baku
- Work -in - progress
- Barang jadi
- Perdagangan debitur
- Biaya dibayar dimuka
- Saldo Kas

Kewajiban Lancar meliputi:
- Perdagangan kreditur
- dibayar
- Hutang Pajak
- Hutang dividen
- Pinjaman jangka pendek

Setiap bisnis membutuhkan sumber daya cair yang cukup untuk menjaga arus kas sehari- hari.  Perlu cukup uang untuk membayar upah dan gaji pada saat jatuh tempo dan untuk membayar kreditor jika tenaga kerja adalah untuk menjaga dan menjamin pasokannya.

Mempertahankan modal kerja yang memadai tidak hanya penting dalam jangka pendek.  Likuiditas yang cukup harus dipertahankan untuk menjamin kelangsungan usaha dalam jangka panjang juga.

Bahkan bisnis yang menguntungkan mungkin gagal jika tidak memiliki arus kas yang cukup untuk memenuhi kewajiban pada saat jatuh tempo.

Karena itu, ketika perusahaan membuat keputusan investasi mereka tidak boleh hanya mempertimbangkan pengeluaran keuangan yang terlibat dengan pembelian mesin baru atau gedung baru, dll, tetapi juga harus memperhitungkan aktiva lancar tambahan yang biasanya terlibat dengan kegiatan ekspansi.

Peningkatan produksi cenderung untuk menimbulkan kebutuhan untuk memegang saham tambahan bahan baku dan barang dalam proses.  Peningkatan penjualan biasanya berarti bahwa tingkat debitur akan meningkat.  Kenaikan umum dalam skala perusahaan operasi cenderung menyiratkan membutuhkan untuk tingkat yang lebih besar uang tunai.

Selengkapnya...

pengertian manajemen keuangan?

manajemen keuangan?


Manajemen keuangan dapat didefinisikan sebagai:

Pengelolaan keuangan suatu bisnis / organisasi dalam rangka mencapai tujuan keuangan

Mengambil bisnis komersial sebagai struktur organisasi yang paling umum, tujuan utama dari pengelolaan keuangan adalah untuk:

• Menciptakan kekayaan bagi bisnis

• Hasilkan kas, dan

• Memberikan tingkat pengembalian investasi yang memadai pada bantalan memikirkan resiko-resiko bahwa bisnis tersebut mengambil dan sumber daya yang diinvestasikan

Ada tiga unsur kunci proses manajemen keuangan:

(1) Perencanaan Keuangan

Manajemen perlu memastikan bahwa dana yang cukup tersedia pada saat yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Dalam jangka pendek, dana mungkin diperlukan untuk berinvestasi dalam peralatan dan saham, membayar karyawan dan penjualan dana dilakukan secara kredit.

Dalam jangka menengah dan panjang, pendanaan mungkin diperlukan untuk tambahan signifikan terhadap kapasitas produktif dari bisnis atau untuk membuat akuisisi.

(2) Financial Control

kontrol Keuangan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk membantu bisnis memastikan bahwa usaha telah mencapai tujuan. kontrol Keuangan alamat pertanyaan seperti:

• Apakah aset-aset yang digunakan secara efisien?

• Apakah aset bisnis aman?

• Apakah tindakan manajemen dalam kepentingan pemegang saham dan sesuai dengan aturan bisnis?

(3) Keuangan Pengambilan keputusan

Aspek-aspek kunci dari pembuatan keputusan keuangan berkaitan dengan investasi, pendanaan dan dividen:

• Investasi harus dibiayai dalam beberapa cara - namun selalu ada pembiayaan alternatif yang bisa dipertimbangkan. Sebagai contoh adalah mungkin untuk meningkatkan keuangan dari penjualan saham baru, pinjaman dari bank atau mengambil kredit dari pemasok

• Keputusan pembiayaan utama adalah apakah keuntungan yang diperoleh oleh bisnis harus ditahan daripada didistribusikan kepada para pemegang saham melalui dividen. Jika dividen terlalu tinggi, bisnis mungkin kekurangan dana untuk menginvestasikan kembali meningkatkan pendapatan dan keuntungan lebih lanjut
Selengkapnya...

Wednesday, April 13, 2011

Mengenal Bank Indonesia lebih dalam..

Bank Indonesia (BI, dulu disebut De Javasche Bank) adalah bank sentral Republik Indonesia. Sebagai bank sentral, BI mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Untuk mencapai tujuan tersebut BI didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. Ketiga bidang tugas ini adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Ketiganya perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien.

BI juga menjadi satu-satunya lembaga yang memiliki hak untuk mengedarkan uang di Indonesia. Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya BI dipimpin oleh Dewan Gubernur. Untuk periode 2008-2013, Darmin Nasution menjabat posisi sebagai Gubernur BI menggantikan Boediono yang menjadi Wakil Presiden.

Sejarah


Pada 1828 De Javasche Bank didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai bank sirkulasi yang bertugas mencetak dan mengedarkan uang.

Tahun 1953, Undang-Undang Pokok Bank Indonesia menetapkan pendirian Bank Indonesia untuk menggantikan fungsi De Javasche Bank sebagai bank sentral, dengan tiga tugas utama di bidang moneter, perbankan, dan sistem pembayaran. Di samping itu, Bank Indonesia diberi tugas penting lain dalam hubungannya dengan Pemerintah dan melanjutkan fungsi bank komersial yang dilakukan oleh DJB sebelumnya.

Pada tahun 1968 diterbitkan Undang-Undang Bank Sentral yang mengatur kedudukan dan tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral, terpisah dari bank-bank lain yang melakukan fungsi komersial. Selain tiga tugas pokok bank sentral, Bank Indonesia juga bertugas membantu Pemerintah sebagai agen pembangunan mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja guna meningkatkan taraf hidup rakyat.

Tahun 1999 merupakan Babak baru dalam sejarah Bank Indonesia, sesuai dengan UU No.23/1999 yang menetapkan tujuan tunggal Bank Indonesia yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

Pada tahun 2004, Undang-Undang Bank Indonesia diamandemen dengan fokus pada aspek penting yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan wewenang Bank Indonesia, termasuk penguatan governance. Pada tahun 2008, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No.2 tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang No.23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagai bagian dari upaya menjaga stabilitas sistem keuangan. Amandemen dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan perbankan nasional dalam menghadapi krisis global melalui peningkatan akses perbankan terhadap Fasilitas Pembiayaan Jangka Pendek dari Bank Indonesia.

Status dan Kedudukan Bank Indonesia


Sebagai Lembaga Negara yang Independen

Babak baru dalam sejarah Bank Indonesia sebagai Bank Sentral yang independen dimulai ketika sebuah undang-undang baru, yaitu UU No. 23/1999 tentang Bank Indonesia, dinyatakan berlaku pada tanggal 17 Mei 1999. Undang-undang ini memberikan status dan kedudukan sebagai suatu lembaga negara independen dan bebas dari campur tangan pemerintah ataupun pihak lainnya. Sebagai suatu lembaga negara yang independen, Bank Indonesia mempunyai otonomi penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya sebagaimana ditentukan dalam undang-undang tersebut.Pihak luar tidak dibenarkan mencampuri pelaksanaan tugas Bank Indonesia, dan Bank Indonesia juga berkewajiban untuk menolak atau mengabaikan intervensi dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga. Untuk lebih menjamin independensi tersebut, undang-undang ini telah memberikan kedudukan khusus kepada Bank Indonesia dalam struktur ketatanegaraan Republik Indonesia. Sebagai Lembaga negara yang independen kedudukan Bank Indonesia tidak sejajar dengan Lembaga Tinggi Negara. Disamping itu, kedudukan Bank Indonesia juga tidak sama dengan Departemen, karena kedudukan Bank Indonesia berada diluar Pemerintah. Status dan kedudukan yang khusus tersebut diperlukan agar Bank Indonesia dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai otoritas moneter secara lebih efektif dan efisien.

Sebagai Badan Hukum

Status Bank Indonesia baik sebagai badan hukum publik maupun badan hukum perdata ditetapkan dengan undang-undang. Sebagai badan hukum publik Bank Indonesia berwenang menetapkan peraturan-peraturan hukum yang merupakan pelaksanaan dari undang-undang yang mengikat seluruh masyarakat luas sesuai dengan tugas dan wewenangnya. Sebagai badan hukum perdata, Bank Indonesia dapat bertindak untuk dan atas nama sendiri di dalam maupun di luar pengadilan.

Tujuan dan Tugas Bank Indonesia


Dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain. Aspek pertama tercermin pada perkembangan laju inflasi, sementara aspek kedua tercermin pada perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain. Perumusan tujuan tunggal ini dimaksudkan untuk memperjelas sasaran yang harus dicapai Bank Indonesia serta batas-batas tanggung jawabnya. Dengan demikian, tercapai atau tidaknya tujuan Bank Indonesia ini kelak akan dapat diukur dengan mudah.

Tiga Pilar Utama

Untuk mencapai tujuan tersebut Bank Indonesia didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. Ketiga bidang tugas ini adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Ketiganya perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Pengaturan dan Pengawasan Bank


Dalam rangka tugas mengatur dan mengawasi perbankan, Bank Indonesia menetapkan peraturan, memberikan dan mencabut izin atas kelembagaan atau kegiatan usaha tertentu dari bank, melaksanakan pengawasan atas bank, dan mengenakan sanksi terhadap bank sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam pelaksanaan tugas ini, Bank Indonesia berwenang menetapkan ketentuan-ketentuan perbankan dengan menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian.

Berkaitan dengan kewenangan di bidang perizinan, selain memberikan dan mencabut izin usaha bank, Bank Indonesia juga dapat memberikan izin pembukaan, penutupan dan pemindahan kantor bank, memberikan persetujuan atas kepemilikan dan kepengurusan bank, serta memberikan izin kepada bank untuk menjalankan kegiatan-kegiatan usaha tertentu.

Di bidang pengawasan, Bank Indonesia melakukan pengawasan langsung maupun tidak langsung. Pengawasan langsung dilakukan baik dalam bentuk pemeriksaan secara berkala maupun sewaktu-waktu bila diperlukan. Pengawasan tidak langsung dilakukan melalui penelitian, analisis dan evaluasi terhadap laporan yang disampaikan oleh bank.

Upaya Restrukturisasi Perbankan

Sebagai upaya membangun kembali kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan dan perekonomian Indonesia, Bank Indonesia telah menempuh langkah restrukturisasi perbankan yang komprehensif. Langkah ini mutlak diperlukan guna memfungsikan kembali perbankan sebagai lembaga perantara yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi, disamping sekaligus meningkatkan efektivitas pelaksanaan kebijakan moneter.

Restrukturisasi perbankan tersebut dilakukan melalui upaya memulihkan kepercayaan masyarakat, program rekapitalisasi, program restrukturisasi kredit, penyempurnaan ketentuan perbankan, dan peningkatan fungsi pengawasan bank.

Sistem Pembayaran


Menjaga stabilitas nilai tukar rupiah adalah tujuan Bank Indonesia sebagaimana diamanatkan Undang-Undang No. 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia. Untuk menjaga stabilitas rupiah itu perlu disokong pengaturan dan pengelolaan akan kelancaran Sistem Pembayaran Nasional (SPN). Kelancaran SPN ini juga perlu didukung oleh infrastruktur yang handal (robust). Jadi, semakin lancar dan hadal SPN, maka akan semakin lancar pula transmisi kebijakan moneter yang bersifat time critical. Bila kebijakan moneter berjalan lancar maka muaranya adalah stabilitas nilai tukar.

BI adalah lembaga yang mengatur dan menjaga kelancaran SPN. Sebagai otoritas moneter, bank sentral berhak menetapkan dan memberlakukan kebijakan SPN. Selain itu, BI juga memiliki kewenangan memeberikan persetujuan dan perizinan serta melakukan pengawasan (oversight) atas SPN. Menyadari kelancaran SPN yang bersifat penting secara sistem (systemically important), bank sentral memandang perlu menyelenggarakan sistem settlement antar bank melalui infrastruktur BI-Real Time Gross Settlement (BI-RTGS).

Selain itu masih ada tugas BI dalam SPN, misalnya, peran sebagai penyelenggara sistem kliring antarbank untuk jenis alat-alat pembayaran tertentu. Bank sentral juga adalah satu-satunya lembaga yang berhak mengeluarkan dan mengedarkan alat pembayaran tunai seperti uang rupiah. BI juga berhak mencabut, menarik hingga memusnahkan uang rupiah yang sudah tak berlaku dari peredaran.

Berbekal kewenangan itu, BI pun menetapkan sejumlah kebijakan dari komponen SPN ini. Misalnya, alat pembayaran apa yang boleh dipergunakan di Indonesia. BI juga menentukan standar alat-alat pembayaran tadi serta pihak-pihak yang dapat menerbitkan dan/atau memproses alat-alat pembayaran tersebut. BI juga berhak menetapkan lembaga-lembaga yang dapat menyelenggarakan sistem pembayaran. Ambil contoh, sistem kliring atau transfer dana, baik suatu sistem utuh atau hanya bagian dari sistem saja. Bank sentral juga memiliki kewenangan menunjuk lembaga yang bisa menyelenggarakan sistem settlement. Pada akhirnya BI juga mesti menetapkan kebijakan terkait pengendalian risiko, efisiensi serta tata kelola (governance) SPN.

Di sisi alat pembayaran tunai, Bank Indonesia merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang Rupiah serta mencabut, menarik dan memusnahkan uang dari peredaran. Terkait dengan peran BI dalam mengeluarkan dan mengedarkan uang, Bank Indonesia senantiasa berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan uang kartal di masyarakat baik dalam nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi yang layak edar (clean money policy). Untuk mewujudkan clean money policy tersebut, pengelolaan pengedaran uang yang dilakukan oleh Bank Indonesia dilakukan mulai dari pengeluaran uang, pengedaran uang, pencabutan dan penarikan uang sampai dengan pemusnahan uang.

Sebelum melakukan pengeluaran uang Rupiah, terlebih dahulu dilakukan perencanaan agar uang yang dikeluarkan memiliki kualitas yang baik sehingga kepercayaan masyarakat tetap terjaga. Perencanaan yang dilakukan Bank Indonesia meliputi perencanaan pengeluaran emisi baru dengan mempertimbangkan tingkat pemalsuan, nilai intrinsik serta masa edar uang. Selain itu dilakukan pula perencanaan terhadap jumlah serta komposisi pecahan uang yang akan dicetak selama satu tahun kedepan. Berdasarkan perencanaan tersebut kemudian dilakukan pengadaan uang baik untuk pengeluaran uang emisi baru maupun pencetakan rutin terhadap uang emisi lama yang telah dikeluarkan.

Uang Rupiah yang telah dikeluarkan tadi kemudian didistribusikan atau diedarkan di seluruh wilayah melalui Kantor Bank Indonesia. Kebutuhan uang Rupiah di setiap kantor Bank Indonesia didasarkan pada jumlah persediaan, keperluan pembayaran, penukaran dan penggantian uang selama jangka waktu tertentu. Kegitan distribusi dilakukan melalui sarana angkutan darat, laut dan udara. Untuk menjamin keamanan jalur distribusi senantiasa dilakukan baik melalui pengawalan yang memadai maupun dengan peningkatan sarana sistem monitoring.

Kegiatan pengedaran uang juga dilakukan melalui pelayanan kas kepada bank umum maupun masyarakat umum. Layanan kas kepada bank umum dilakukan melalui penerimaan setoran dan pembayaran uang Rupiah. Sedangkan kepada masyarakat dilakukan melalui penukaran secara langsung melalui loket-loket penukaran di seluruh kantor Bank Indonesia atau melalui kerjasama dengan perusahaan yang menyediakan jasa penukaran uang kecil.

Lebih lanjut, kegiatan pengelolaan uang Rupiah yang dilakukan Bank Indonesia adalah pencabutan uang terhadap suatu pecahan dengan tahun emisi tertentu yang tidak lagi berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Pencabutan uang dari peredaran dimaksudkan untuk mencegah dan meminimalisasi peredaran uang palsu serta menyederhanakan komposisi dan emisi pecahan. Uang Rupiah yang dicabut tersebut dapat ditarik dengan cara menukarkan ke Bank Indonesia atau pihak lain yang telah ditunjuk oleh Bank Indonesia.

Sementara itu untuk menjaga menjaga kualitas uang Rupiah dalam kondisi yang layak edar di masyarakat, Bank Indonesia melakukan kegiatan pemusnahan uang. Uang yang dimusnahkan tersebut adalah uang yang sudah dicabut dan ditarik dari peredaran, uang hasil cetak kurang sempurna dan uang yang sudah tidak layak edar. Kegiatan pemusnahan uang diatur melalui prosedur dan dilaksanakan oleh jasa pihak ketiga yang dengan pengawasan oleh tim Bank Indonesia (BI).

Dewan Gubernur BI


Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya Bank Indonesia dipimpin oleh Dewan Gubernur. Dewan ini terdiri atas seorang Gubernur sebagai pemimpin, dibantu oleh seorang Deputi Gubernur Senior sebagai wakil, dan sekurang-kurangnya empat atau sebanyak-banyaknya tujuh Deputi Gubernur. Masa jabatan Gubernur dan Deputi Gubernur selama-lamanya lima tahun, dan mereka hanya dapat dipilih untuk sebanyak-banyaknya dua kali masa tugas.

Pengangkatan dan Pemberhentian Dewan Gubernur


Gubernur dan Deputi Gubernur Senior diusulkan dan diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR. Sementara Deputi Gubernur diusulkan oleh Gubernur dan diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR. Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia tidak dapat diberhentikan oleh Presiden, kecuali bila mengundurkan diri, berhalangan tetap, atau melakukan tindak pidana kejahatan.

Pengambilan Keputusan


Sebagai suatu forum pengambilan keputusan tertinggi, Rapat Dewan Gubernur (RDG) diselenggarakan sekurang-kurangnya sekali dalam sebulan untuk menetapkan kebijakan umum di bidang moneter, serta sekurang-kurangnya sekali dalam seminggu untuk melakukan evaluasi atas pelaksanaan kebijakan moneter atau menetapkan kebijakan lain yang bersifat prinsipil dan strategis. Pengambilan keputusan dilakukan dalam Rapat Dewan Gubernur, atas dasar prinsip musyawarah demi mufakat. Apabila mufakat tidak tercapai, Gubernur menetapkan keputusan akhir.

sumber : wikipedia
Selengkapnya...

Pengertian Inflasi

Dalam ilmu ekonomi, inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (kontinu) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidak lancaran distribusi barang.[1] Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu. Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa, bukan tinggi-rendahnya tingkat harga. Artinya, tingkat harga yang dianggap tinggi belum tentu menunjukan inflasi. Inflasi adalah indikator untuk melihat tingkat perubahan, dan dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus dan saling pengaruh-memengaruhi. Istilah inflasi juga digunakan untuk mengartikan peningkatan persediaan uang yang kadangkala dilihat sebagai penyebab meningkatnya harga. Ada banyak cara untuk mengukur tingkat inflasi, dua yang paling sering digunakan adalah CPI dan GDP Deflator.

Inflasi dapat digolongkan menjadi empat golongan, yaitu inflasi ringan, sedang, berat, dan hiperinflasi. Inflasi ringan terjadi apabila kenaikan harga berada di bawah angka 10% setahun; inflasi sedang antara 10%—30% setahun; berat antara 30%—100% setahun; dan hiperinflasi atau inflasi tak terkendali terjadi apabila kenaikan harga berada di atas 100% setahun.

Penyebab


Inflasi dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu tarikan permintaan (kelebihan likuiditas/uang/alat tukar) dan yang kedua adalah desakan(tekanan) produksi dan/atau distribusi (kurangnya produksi (product or service) dan/atau juga termasuk kurangnya distribusi).[rujukan?] Untuk sebab pertama lebih dipengaruhi dari peran negara dalam kebijakan moneter (Bank Sentral), sedangkan untuk sebab kedua lebih dipengaruhi dari peran negara dalam kebijakan eksekutor yang dalam hal ini dipegang oleh Pemerintah (Government) seperti fiskal (perpajakan/pungutan/insentif/disinsentif), kebijakan pembangunan infrastruktur, regulasi, dll.

Inflasi tarikan permintaan (Ingg: demand pull inflation) terjadi akibat adanya permintaan total yang berlebihan dimana biasanya dipicu oleh membanjirnya likuiditas di pasar sehingga terjadi permintaan yang tinggi dan memicu perubahan pada tingkat harga. Bertambahnya volume alat tukar atau likuiditas yang terkait dengan permintaan terhadap barang dan jasa mengakibatkan bertambahnya permintaan terhadap faktor-faktor produksi tersebut. Meningkatnya permintaan terhadap faktor produksi itu kemudian menyebabkan harga faktor produksi meningkat. Jadi, inflasi ini terjadi karena suatu kenaikan dalam permintaan total sewaktu perekonomian yang bersangkutan dalam situasi full employment dimanana biasanya lebih disebabkan oleh rangsangan volume likuiditas dipasar yang berlebihan. Membanjirnya likuiditas di pasar juga disebabkan oleh banyak faktor selain yang utama tentunya kemampuan bank sentral dalam mengatur peredaran jumlah uang, kebijakan suku bunga bank sentral, sampai dengan aksi spekulasi yang terjadi di sektor industri keuangan.

Inflasi desakan biaya (Ingg: cost push inflation) terjadi akibat adanya kelangkaan produksi dan/atau juga termasuk adanya kelangkaan distribusi, walau permintaan secara umum tidak ada perubahan yang meningkat secara signifikan. Adanya ketidak-lancaran aliran distribusi ini atau berkurangnya produksi yang tersedia dari rata-rata permintaan normal dapat memicu kenaikan harga sesuai dengan berlakunya hukum permintaan-penawaran, atau juga karena terbentuknya posisi nilai keekonomian yang baru terhadap produk tersebut akibat pola atau skala distribusi yang baru. Berkurangnya produksi sendiri bisa terjadi akibat berbagai hal seperti adanya masalah teknis di sumber produksi (pabrik, perkebunan, dll), bencana alam, cuaca, atau kelangkaan bahan baku untuk menghasilkan produksi tsb, aksi spekulasi (penimbunan), dll, sehingga memicu kelangkaan produksi yang terkait tersebut di pasaran. Begitu juga hal yang sama dapat terjadi pada distribusi, dimana dalam hal ini faktor infrastruktur memainkan peranan yang sangat penting.

Meningkatnya biaya produksi dapat disebabkan 2 hal,yaitu

kenaikan harga,misalnya bahan baku dan kenaikan upah/gaji,misalnya kenaikan gaji PNS akan mengakibatkan usaha-usaha swasta menaikkan harga barang-barang.

Penggolongan

Berdasarkan asalnya, Inflasi dapat digolongkan menjadi doa, KESAWAN yaitu Inflasi Yang berasal Dari Negeri dan Inflasi Yang berasal Dari Luar Negeri.  Inflasi berasal KESAWAN Dari Negeri misalnya terjadi akibat terjadinya defisit anggaran Belanja Yang dibiayai Artikel Baru cara mencetak uang dan pasar gagalnya Baru Yang berakibat harga Bahan food menjadi Mahal.  Saccharin ITU, Inflasi Dari Luar Negeri Inflasi Yang terjadi adalah sebagai akibat naiknya harga impor Barang.  Hal Suami Bisa terjadi akibat biaya Produksi Barang di Luar Negeri Tinggi atau adanya kenaikan tarif impor Barang.

Inflasi Juga dapat dibagi berdasarkan besarnya cakupan pengaruh terhadap harga.  Jika kenaikan harga tertentu terjadi Yang berkaitan Artikel Baru Hanya Satu doa atau Barang, ITU tertutup disebut Inflasi Inflasi ( Inflasi Ditutup ).  Namun, apabila terjadi kenaikan harga PADA * Semua Barang Secara Umum, Maka Inflasi Inflasi ITU disebut sebagai Terbuka ( Open Inflasi ).  Sedangkan apabila Serangan Inflasi terkait masih berlangsung demikian hebatnya sehingga harga - harga Saat Terus berubah dan meningkat sehingga dapat regular tidak Orang menahan uang lebih lama disebabkan Nilai uang merosot Terus disebut regular tidak terkendali Yang Inflasi ( Hiperinflasi ).

Berdasarkan keparahannya Inflasi Juga dapat dibedakan:

1.  Inflasi Ringan ( Kurang Dari 10 % / tahun)
2.  Inflasi sedang ( ANTARA 10 % Sampai 30 % / tahun)
3.  Inflasi vehicles ( ANTARA 30 % Sampai 100 % / tahun)
4.  Hiperinflasi ( Dari % 100 lebih / tahun)

Mengukur inflasi


Inflasi diukur dengan menghitung perubahan tingkat persentase perubahan sebuah indeks harga. Indeks harga tersebut di antaranya:

  • Indeks harga konsumen (IHK) atau consumer price index (CPI), adalah indeks yang mengukur harga rata-rata dari barang tertentu yang dibeli oleh konsumen.

  • Indeks biaya hidup atau cost-of-living index (COLI).

  • Indeks harga produsen adalah indeks yang mengukur harga rata-rata dari barang-barang yang dibutuhkan produsen untuk melakukan proses produksi. IHP sering digunakan untuk meramalkan tingkat IHK di masa depan karena perubahan harga bahan baku meningkatkan biaya produksi, yang kemudian akan meningkatkan harga barang-barang konsumsi.

  • Indeks harga komoditas adalah indeks yang mengukur harga dari komoditas-komoditas tertentu.

  • Indeks harga barang-barang modal

  • Deflator PDB menunjukkan besarnya perubahan harga dari semua barang baru, barang produksi lokal, barang jadi, dan jasa.


Dampak






Pekerja dengan gaji tetap sangat dirugikan dengan adanya Inflasi.



Inflasi memiliki dampak positif dan dampak negatif- tergantung parah atau tidaknya inflasi. Apabila inflasi itu ringan, justru mempunyai pengaruh yang positif dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik, yaitu meningkatkan pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi. Sebaliknya, dalam masa inflasi yang parah, yaitu pada saat terjadi inflasi tak terkendali (hiperinflasi), keadaan perekonomian menjadi kacau dan perekonomian dirasakan lesu. Orang menjadi tidak bersemangat kerja, menabung, atau mengadakan investasi dan produksi karena harga meningkat dengan cepat. Para penerima pendapatan tetap seperti pegawai negeri atau karyawan swasta serta kaum buruh juga akan kewalahan menanggung dan mengimbangi harga sehingga hidup mereka menjadi semakin merosot dan terpuruk dari waktu ke waktu.

Bagi masyarakat yang memiliki pendapatan tetap, inflasi sangat merugikan. Kita ambil contoh seorang pensiunan pegawai negeri tahun 1990. Pada tahun 1990, uang pensiunnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun di tahun 2003 -atau tiga belas tahun kemudian, daya beli uangnya mungkin hanya tinggal setengah. Artinya, uang pensiunnya tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebaliknya, orang yang mengandalkan pendapatan berdasarkan keuntungan, seperti misalnya pengusaha, tidak dirugikan dengan adanya inflasi. Begitu juga halnya dengan pegawai yang bekerja di perusahaan dengan gaji mengikuti tingkat inflasi.

Inflasi juga menyebabkan orang enggan untuk menabung karena nilai mata uang semakin menurun. Memang, tabungan menghasilkan bunga, namun jika tingkat inflasi di atas bunga, nilai uang tetap saja menurun. Bila orang enggan menabung, dunia usaha dan investasi akan sulit berkembang. Karena, untuk berkembang dunia usaha membutuhkan dana dari bank yang diperoleh dari tabungan masyarakat.

Bagi orang yang meminjam uang dari bank (debitur), inflasi menguntungkan, karena pada saat pembayaran utang kepada kreditur, nilai uang lebih rendah dibandingkan pada saat meminjam. Sebaliknya, kreditur atau pihak yang meminjamkan uang akan mengalami kerugian karena nilai uang pengembalian lebih rendah jika dibandingkan pada saat peminjaman.

Bagi produsen, inflasi dapat menguntungkan bila pendapatan yang diperoleh lebih tinggi daripada kenaikan biaya produksi. Bila hal ini terjadi, produsen akan terdorong untuk melipatgandakan produksinya (biasanya terjadi pada pengusaha besar). Namun, bila inflasi menyebabkan naiknya biaya produksi hingga pada akhirnya merugikan produsen, maka produsen enggan untuk meneruskan produksinya. Produsen bisa menghentikan produksinya untuk sementara waktu. Bahkan, bila tidak sanggup mengikuti laju inflasi, usaha produsen tersebut mungkin akan bangkrut (biasanya terjadi pada pengusaha kecil).

Secara umum, inflasi dapat mengakibatkan berkurangnya investasi di suatu negara, mendorong kenaikan suku bunga, mendorong penanaman modal yang bersifat spekulatif, kegagalan pelaksanaan pembangunan, ketidakstabilan ekonomi, defisit neraca pembayaran, dan merosotnya tingkat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

Peran bank sentral


Bank sentral memainkan peranan penting dalam mengendalikan inflasi. Bank sentral suatu negara pada umumnya berusaha mengendalikan tingkat inflasi pada tingkat yang wajar. Beberapa bank sentral bahkan memiliki kewenangan yang independen dalam artian bahwa kebijakannya tidak boleh diintervensi oleh pihak di luar bank sentral -termasuk pemerintah. Hal ini disebabkan karena sejumlah studi menunjukkan bahwa bank sentral yang kurang independen -- salah satunya disebabkan intervensi pemerintah yang bertujuan menggunakan kebijakan moneter untuk mendorong perekonomian -- akan mendorong tingkat inflasi yang lebih tinggi.

Bank sentral umumnya mengandalkan jumlah uang beredar dan/atau tingkat suku bunga sebagai instrumen dalam mengendalikan harga. Selain itu, bank sentral juga berkewajiban mengendalikan tingkat nilai tukar mata uang domestik. Hal ini disebabkan karena nilai sebuah mata uang dapat bersifat internal (dicerminkan oleh tingkat inflasi) maupun eksternal (kurs). Saat ini pola inflation targeting banyak diterapkan oleh bank sentral di seluruh dunia, termasuk oleh Bank Indonesia.

 

sumber :wikipedia.com Selengkapnya...

Pengertian PASAR MODAL

BAB 1

PENDAHULUAN

A.PASAR MODAL

Pasar modal ( capital market) merupakan sarana untuk berbagai instrument keuangan  jangka panjang yang bias diperjual-belikan , baik surat utang (obligasi), ekuiti merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain ( misalnya pemerintah ), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian , pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya.

Instumen keuangan yang diperdagangkan di pasar modal merupakan instrument jangka panjang ( waktu lebih dari 1 tahun) seperti saham , obligasi , waran , right , reksa dana , dan berbagai instrument derivative seperti option , futures , dan lain-lain.

Undang-undang pasar modal no . 8 tahun 1995 tentang pasar modal mendefinisikan pasar modal sebagai “kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek , perusahaan public yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya , serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek”.

Fungsi/Peran pasar Modal :

1.       Sarana pendanaan bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor) . Dana tsb dapat digunakan untuk pengembangan usaha , ekspansi , penambahan modal kerja dll.

2.       Sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrument keuangan yang sesuai dengan karakteristik keuntungan dan risiko masing-masing instrument.

3.       Mendorong pelaksanaan Good Corporate Governance, berdasarkan pada transparansi dan tingkat kesehatan perusahaan.

4.       Pemacu aktivitas ekonomi.

B.BURSA UTAMA

Pasar Modal ( capital market ) sama halnya dengan pasar-pasar lainnya , yaitu harus ada pembeli, penjual dan lokasi perdagangan.dalam hal ini , bursa adalah tempat dilaksanakannya proses perdagangan dan bertemunya pembeli dan penjual.

Bursa di Indonesia dikenal dengan Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya sebelum keduanya dimerjer menjadi Bursa Efek Indonesia ( BEI) pada tahun 2007. Semua Negara memiliki bursa efeknya masing-masing, namun ada beberapa bursa yang terkenal , dimana pergerakannya dijadikan acuan karena kekuatan makro ekonomi Negara tersebut , seperti : Dow Jones (AS), Hang Seng ( Hongkong ) , Kospi (korea ), dll

C. INSTRUMEN INVESTASI

Pada dasarnya , instrument investasi yang diperdagangkan di BEI dikelompokkan ke dalam 4 kelompok instrument:

1)      Instrument bersifat Ekuitas (equity instruments)

Kelompok ini merupakan surat berharga berupa penyertaan modal ke dalam perusahaan. Contoh :Saham , waran ,rights.



2)      Instrument bersufat Surat Utang (fixed income instruments )

Kelompok ini merupakana surat bergharga bersifat utang dan memberikan pendapatan secara periodic kepada investor . Contoh :obligasi.



3)      Instrument Reksa Dana (mutual fund)

Reksa dana merupakan jenis instrument yang sifatnya adalah dana bersama yang dikelola oleh manajer investasi . Jenisnya beragam sesuai dengan penempatan portofolio investasi.

 

4)      Instrument Turunan ( derivative instruments)

Kelompok ini merupakan instrument yang kinerjannya tergantung pada instrument lainnya yang menjadi acuan atau underlying derivative tsb. Ada banyak ragam produknya, contoh indeks saham, forex (valas ) , komoditi, opsi dll. Namun untuk produk derivative , terdapat badan tersendiri yaitu BAPEPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi).

 

D. SAHAM

Saham adalah efek bersifat ekuitas, yaitu tanda bukti kepemilikan atas suatu perusahaan yang berbentuk PT (perseroan terbatas). Porsi kepmilikan ditentukan oleh seberapa besar modal yang ditanamkan di perusahaa tersebut.

 

Beberapa pengkategorian saham :


  • Ditinjau dari segi kemampuan dalam hak tagih/ klaim


1.       Saham Biasa (common stock) – portofolio paling popular dan paling banyak diperdagangkan . pemiliknya berhak mengikuti segala aksi korporasi dan menyumbangkan suara.

2.       Saham preferen (preffered stock ) – saham yang menjadi prioritas dalam memperoleh deviden , dalam keadaaan apapun perusahaan tsb. Tapi pemiliknya tidak memiliki hak dalam aksi korporasi apapun.



  • ditinjau dari cara peralihannya


1.       saham atas unjuk (bearer stock)

2.       saham atas nama (registered stock)

 

  • ditinjau dari kinerja perdagangan


1. Saham Big Caps (BLUECHIP) – saham pergerakan utama IHSG, fundamental perusahaanya kuat , konsisten dalam pembagian deviden dan pergerakannya cenderung stabil naik/ turun.

2. Saham Medium Caps - lapis kedual – saham potensial yang memiliki karakteristik yang sama dengan Bluechips tapi dengan kapasitas yang lebih kecil . Masa depannya cerah.

3. Saham Small Caps (tidur / gorengan ) – saham yang jarang bergerak, namun sekalinya bergerak sangat drastic. Fundamental perusahaanya lemah.

4. Income Stock

5. Growth Stocks – dibagi atas well-known dan lesser –known

6. Speculative Stocks

7. Cyclical Stocks Selengkapnya...