Sunday, April 17, 2011

pengertian working capital (modal kerja)



Pentingnya modal kerja

Definisi modal kerja

Modal kerja bersih suatu bisnis adalah aktiva lancar dikurangi kewajiban lancar

Aktiva lancar meliputi:

- Persediaan bahan baku
- Work -in - progress
- Barang jadi
- Perdagangan debitur
- Biaya dibayar dimuka
- Saldo Kas

Kewajiban Lancar meliputi:
- Perdagangan kreditur
- dibayar
- Hutang Pajak
- Hutang dividen
- Pinjaman jangka pendek

Setiap bisnis membutuhkan sumber daya cair yang cukup untuk menjaga arus kas sehari- hari.  Perlu cukup uang untuk membayar upah dan gaji pada saat jatuh tempo dan untuk membayar kreditor jika tenaga kerja adalah untuk menjaga dan menjamin pasokannya.

Mempertahankan modal kerja yang memadai tidak hanya penting dalam jangka pendek.  Likuiditas yang cukup harus dipertahankan untuk menjamin kelangsungan usaha dalam jangka panjang juga.

Bahkan bisnis yang menguntungkan mungkin gagal jika tidak memiliki arus kas yang cukup untuk memenuhi kewajiban pada saat jatuh tempo.

Karena itu, ketika perusahaan membuat keputusan investasi mereka tidak boleh hanya mempertimbangkan pengeluaran keuangan yang terlibat dengan pembelian mesin baru atau gedung baru, dll, tetapi juga harus memperhitungkan aktiva lancar tambahan yang biasanya terlibat dengan kegiatan ekspansi.

Peningkatan produksi cenderung untuk menimbulkan kebutuhan untuk memegang saham tambahan bahan baku dan barang dalam proses.  Peningkatan penjualan biasanya berarti bahwa tingkat debitur akan meningkat.  Kenaikan umum dalam skala perusahaan operasi cenderung menyiratkan membutuhkan untuk tingkat yang lebih besar uang tunai.

1 comment:

  1. permisi mas..
    maaf, kalo boleh tau, nama penulis jurnal ini siapa ya..
    saya mau mencantumkan jurnal anda di penelitian skripsi saya, karena artikel anda sangat membantu dalam penelitian saya.
    kalo boleh lengkap berikut gelar nya mas..

    terima kasih sebelum nya. :D

    ReplyDelete