Sunday, April 17, 2011

Memenuhi kebutuhan modal kerja sebuah bisnis

Pengantar

industri yang berbeda memiliki profil yang berbeda modal kerja yang optimal, mencerminkan metode mereka dalam melakukan bisnis dan apa yang mereka jual.

Bisnis • dengan banyak penjualan tunai dan penjualan beberapa kredit harus memiliki piutang usaha minimal.  Supermarket adalah contoh yang baik dari usaha tersebut;

• Bisnis yang ada untuk perdagangan produk-produk selesai hanya akan sudah selesai barang dalam persediaan.  Bandingkan ini dengan produsen yang juga harus menjaga stok bahan baku dan barang dalam proses.

• Beberapa barang jadi, terutama bahan makanan, harus dijual dalam jangka waktu terbatas karena sifat fana mereka.

• perusahaan besar mungkin dapat menggunakan kekuatan tawar mereka sebagai pelanggan untuk mendapatkan yang lebih baik, persyaratan kredit yang diberikan dari pemasok.  Sebaliknya, perusahaan kecil, terutama yang baru-baru ini memulai perdagangan (dan tidak memiliki track record kelayakan kredit) dapat diminta untuk membayar pemasok mereka dengan segera.

• Beberapa bisnis akan menerima uang mereka pada waktu tertentu tahun, meskipun mereka mungkin dikenakan biaya sepanjang tahun pada level yang cukup konsisten.  Hal ini sering dikenal sebagai "musiman" arus kas.  Sebagai contoh, agen perjalanan memiliki penjualan puncak pada minggu-minggu segera setelah Natal.

kebutuhan modal kerja juga berfluktuasi sepanjang tahun

Jumlah dana terikat dalam modal kerja tidak akan biasanya menjadi tokoh konstan sepanjang tahun.

Hanya di usaha yang paling tidak biasa akan ada kebutuhan tetap untuk pembiayaan modal kerja.  Bagi sebagian besar bisnis akan ada fluktuasi mingguan.

Banyak perusahaan beroperasi di industri yang memiliki perubahan musiman dalam permintaan.  Ini berarti bahwa penjualan, saham, debitur, dll akan berada di tingkat yang lebih tinggi pada beberapa kali diprediksi tahun dari pada yang lain.

Pada prinsipnya, kebutuhan modal kerja dapat dipisahkan menjadi dua bagian:

• Sebuah bagian tetap, dan

• Bagian berfluktuasi

Bagian tetap mungkin didefinisikan dalam jumlah sebagai persyaratan modal minimum kerja tahun berjalan.  Hal ini secara luas menganjurkan bahwa perusahaan harus dibiayai dengan cara yang ditunjukkan dalam diagram di bawah ini:



Kebutuhan yang lebih permanen (aktiva tetap dan unsur modal kerja tetap) harus dibiayai dari sumber yang cukup permanen (misalnya ekuitas dan saham pinjaman); elemen berfluktuasi harus dibiayai dari sumber jangka pendek (misalnya rekening koran), yang  dapat diambil pada dan dilunasi dengan mudah dan dalam waktu singkat.

No comments:

Post a Comment