Sunday, October 10, 2010

RANGKUMAN MSDM1 (PART 1)




Peranan strategis manajemen sumber daya manusia

Saat ini adalah waktu yang menarik bagi para manajer sumber daya manusia (SDM). Globalisasi produksi dan penjualan menunjukkan bahwa tingkat persaingan semakin tinggi, dan tingkat persaingan yang semakin tinggi berarti semakin banyak tuntutan perbaikan mengurangi biaya,  meningkatkan produktivitas karyawan, dan melakukan hal-hal dengan lebih baik dan murah. Bagi para karyawan di seluruh dunia, fungsi sumber daya manusia adalah sebagai pemain kunci dalam menolong perusahaa-perusahaan mencapai tujuan-tujuan strategis ini. Sebagai contoh, lebih dari sepertiga dari seluruh perusahaan saat ini bergantung pada teknologi sumber daya manusia yang telah dikomputerisasikan untuk cara, tes dan/seleksi para pelamar pekerjaa lebih efisien .

 

Pengertian proses manajemen adalah lima fungsi dasar yang berupa perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf ,kepemimpinan, dan pengendalian.

Manajemen sumber daya manusia  (MSDM) adalah kebijakan dan praktik menentukan aspek “manusia” atau sumber daya manusia dalam posisi manajemen, termasuk merekrut,menyaring, melatih, memberi penghargaan , dan penilaian.

Mengapa manajemen SDM penting untuk semua manajer? Mengapa konsep-konsep dan teknik-teknik ini penting bagi semua manajer? Barangkali lebih mudah untuk menjawabnya dengan menyebutkan beberapa kesalahan personel yang tidak ingin anda lakukan saat mengatur. Misalnya, Anda tidak ingin:


  • Mempekerjaan orang  yang salah untuk pekerjaan tersebut.

  • Mengalami proses penggantian karyawan yang tinggi.

  • Orang-orang yang anda andalkan tidak melakukan yang terbaik

  • Menghabiskan waktu untuk wawancara yang tidak berguna

  • Membuat perusahaan anda dituntut oleh pengadilan karena tindakan diskriminasi

  • Membuat perusahaan anda diawasi oleh pengawas undang-undang keamanan pekerja federal karena tidak memerhatikan keamanan

  • Mengakibatkan sebagian karyawan berpikir bahwa gaji mereka tidak adil dan tidak sebanding dengan karyawan lainnya didalam organisasi

  • Membiarkan kurangnya pelatihan mengakibatkan berkurangnya efektivitasdivisi anda

  • Melakukan praktik pekerja yang tidak adil


Pengertian otoritas dalam MSDM adalah hak untuk membuat keputusan, mengarahkan pekerjaan orang lain , dan memberikan perintah.

Pengertian manajer lini dalam adalah seorang manajer yang berhak untuk mengarahkan pekerjaan bawahan dan bertanggung jawab untuk mencapai sasaran organisasi.

pengertian manajer staf adalah seorang manajer yang membantu dan memberikan saran kepada manajer lini

pengertian otoritas lini adalah otoritas yang digunakan oleh manajer SDM dengan mengarahkan aktivitas karyawan di dalam divisinya dendiri dan dalam memberikan pelayanan (seperti kafetaria pabrik)>

pengertian otoritas tersirat adalah otoritas yang digunakan oleh manajer SDM berdasarkan pengetahuan lain yang dimiliki karyawan yang memiliki akses ke manajemen puncak (dalam area seperti pengujian dan tindakan persetujuan)

pengertian control fungsional adalah otoritas yang digunakan oleh manajer SDM dalam mengoordinasikan aktivitas personalia.

Pengertian penasihat karyawan adalah SDM harus bertanggung jawab menjelaskan definisi manajemen memperlakukan karyawan, memastikan karyawan memiliki mekanisme yang dibutuhkan untuk menentang praktik yang tidak adil, dan menghadirkan kepentingan karyawan di dalam kerangka kerja yang menjadi kewajiban utamanya kepada manajemen senior.

Pengertian globalisasi adalah kecenderungan perusahaan untuk memperluas penjualan, kepemilikan ,dan/ atau manufaktur kepada pasar baru di luar negeri

Pengertian tenaga kerja nontradisional adalah para pekerja yang menangani lebih dari satu pekerjaan atau mereka yang “kebetulan “ atau bekerja paruh waktu atau mereka yang bekerja paruh waktu datau mereka yang bekerja dalam susunan kerja alternative.

Pengertian modal manusia adalah pengetahuan, pendidikan, pelatihan, keterampilan, dan keahlian para pekerja perusahaan

Pengertian strategi adalah rencana jangka panjang perusahaan untuk menyeimbangkan kekuatan dan kelemahan internalnya dengan kesempatan dan ancaman eksternal dalam mempertahankan keuntungan komptetitif.

Pengertian standar pengukuran adalah satu set pengukuran prestasi kuantitatif yang digunakan para manajer SDM untuk menilai kegiatan mereka.

Pengertian nilai SDM adalah mengukur efektivitas dan efisiensi fungsi SDM dalam menciptakan tingkah laku karyawan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan strategis perusahaan.

Pengertian outsourcing adalah membiarkan pemasok luar memberikan jasa-jasa.

RINGKASAN:

1.       Semua manajer melakukan fungsi-fungsi dasar tertentu – perencanaan , pengorganisasian, penyusunan, pengorganisasian, penyusunan staf, kepemimpinan , dan pengendalian. Semua ini melambangkan proses manajemen.

2.       Penyusunan staf, manajemen persnolaia, atau manajemen sumber daya manusia termasuk aktivitas, seperti perekrutan, seleksi,pelatihan, pemberian kompensasi, penilaian, dan pengembangan karyawan.

3.       Manajemen SDM adalah bagian dari tanggung jawab setiap manajer. Tanggung jawab ini termasuk menempatkan orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat, kemudain memberikan orientasi, pelatihan, dan kompensasi untuk meningkatkan prestasi kerja.

4.       Departemen SDM menjalan tiga fungsi utama. Manajer SDM mengaplikasikan garis otoritas dalam unit kerja dan menyiratkan otoritas di tempat lain dalam organisasi. Para manajer SDM ini memastikan bahwa tujuan dan kebijakan SD< dalam organisasi tersebut dikoordinasikan dan diimplementasikan. Dan mereka menyediakan berbagai jasa staf yang beragam kepada manajemen lini, seperti melakukan rekanan dengan CEO dalama mendesain strategi perusahaan, dan membantu dalam mempekerjakan, pelatihan, evaluasi, pemberian penghargaan, promosi, dan pendisiplinan karyawan pada semua tingkatan.

5.       Tren seperti globalisasi, kemajuan teknologi, dan diregulasi berarti bahwa perusahaan harus lebih kompetitif untuk dapat bertahan dan berkembang saat ini. Tren penting lainya termasuk menumbuhkan keragaman tenaga kerja dan perubahan dalam sifat pekerjaan, seperti pergerakan menuju masyarakat jasa dan penekanan yang makin besar pada modal manusia.

6.       Untuk manajer SDM, focus pada kemampuan kompetitif dan produktivitas menuntut keterukuran, tolak ukur yang berdasarkan pada buku yang sesuai dengan efisiensi dan efektivitas SDMsaati ini , dan sesuai dengan efisiensi dan efektivitas yang diharapkan dari program-program baru yang di ajukan.

7.       Para manajer SDM sering menggunakan kartu NIlai SDM untuk memfasilitasi proses pengukuran . kartu nolai SDM adalah model visual dan/atau model yang terkomputerisasi yang memungkinkan para manajer untuk mendemonstrasikan bagian SDM berkontribusi pada kesuksesan keuangan perusahaan. Kartu nilai menunjukkan keterukuran, sebab- akibathubungan di antara tiga hak : 1. Aktivitas SDM, 2. Hasil antara para karyawan (seperti perbaikan modal), 3. Pengukuran hasil akhir perusahaan( seperti peningkatan pelayanan pelanggan dan keuntungan yang lebih tinggi)

8.       Di buku ini, beberapa tema dan tema fitur menekan masalah penting secara khusus, dan menyajikan kontinuitas bab demi bab. Contonya, manajemen SDM asalah tanggung jawab dari setiap manajer--- tidak hanya mereka yang berada dalam departemen SDM.SDM adalah rekan strategis dalam proses pengembangan strategi. SDM bekerja dengan para manajer puncak lain untuk memformulasikan strategi perusahaan seperti juga melaksanakannya.

Sumber : buku manajemen sumber daya manusia edisi kesepuluh jilid 1 garry dessler

Semoga bermanfaat J

Jangan lupa komenya

by: tamachan :)

No comments:

Post a Comment