Friday, October 22, 2010

CONTOH MAKALAH ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)

Makalah Informasi Akuntansi ini membahas mengenai Analisis sistem (system analisis) yang merupakan penguraian dari sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya. 

Tahap analisis sistem dilakukan setelah tahap perencanaan sistem (system planning) dan sebelum tahap desaian sistem (sistem design). Tahap analisis merupakan tahap yang kritis dan sangat penting, karena kesalahan di dalam tahap ini akan menyebabkan juga kesalahan di tahap selanjutnya.

LANGKAH-LANGKAH ANALISIS SISTEM



  • Identify, yaitu mengidentifikasi masalah

  • Understand, yaitu memahami kerja dari sistem yang ada

  • Analyze, yaitu menganalisis sistem

  • Report, yaitu membuat laporan hasil analisis


MENGIDENTIFIKASI MASALAH (LANGKAH 1)


  • Tugas-tugas dalam mengidentifikasi masalah

  • Mengidentifikasi Penyebab Masalah

  • Mengidentifikasi Titik Keputusan

  • Mengidentifikasi Personil-Personil Kunci


MEMAHAMI KERJA DARI SISTEM YANG ADA (LANGKAH 2)


  • Menentukan Jenis Penelitian.Meliputi: wawancara, observasi, daftar pertanyaan, pengambilan sampel



  • Merencanakan Jadual Penelitian (Who, When, Where, What, How)



  1. Mengatur Jadual Wawancara

  2. Mengatur Jadual Observasi

  3. Mengatur Jadual Pengambilan Sampel



  • Membuat Penugasan Penelitian

  • Membuat Agenda Wawancara

  • Mengumpulkan Hasil Penelitian


MENGANALISIS HASIL PENELITIAN


  • Menganalisis Kelemahan Sistem



  1. Menganalisis Distribusi Pekerjaan

  2. Menganalisis Pengukuran Pekerjaan

  3. Menganalisis Keandalan

  4. Menganalisis Dokumen

  5. Menganalisis Laporan

  6. Menganalisis Teknologi



  • Menganalisis Kebutuhan Informasi Pemakai/Manajemen , Walaupun menganalisis kelemahan-kelemahan dan permasalahan-permasalahan yang terjadi merupakan tugas yang perlu, tetapi tugas ini saja belum cukup. Tugas lain dari analis sistem yaitu menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi para pemakainya


MEMBUAT LAPORAN HASIL ANALISIS
Setelah proses analisis sistem ini selesai dilakukan, tugas berikutnya adalah membuat laporan hasil analisis. Laporan ini diserahkan ke steering committee yang seterusnya diserahkan ke manajemen 

Tujuan utama penyerahan laporan ke manajemen



  • Bahwa analisis telah selesai dilakukan

  • Meluruskan kesalah-pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis oleh analis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen

  • Meminta pendapat-pendapat dan saran-saran dari pihak manajemen

  • Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan selanjutnya (dapat berupa meneruskan ke tahap desain sistem atau menghentikan proyek bila dipandang tidak layak lagi).

1 comment:

  1. cuma secara general ya mas..

    ada gak yang berupa contoh kasus

    ReplyDelete