Sunday, October 10, 2010

Rangkuman kewirausahaan (part 2)



BAB 2


POLA PIKIR BERWIRAUSAHA


Pengertian proses kausa adalah sebuah proses yang dimulai dengan hasil yang diinginkan dan berfokus pada cara untuk mendapatkan hasil tersebut.

Pengertian proses efektuasi adalah sebuah proses yang dimulai dengan apa yang dimiliki seseorang (siapa mereka, apa yang mereka tahu, dan siapa yang mereka tahu) lalu memilih di antara hasil yang mungkin dicapai.

Prinsip patchwork quilt adalah tindakan yang berorientasi pada cara yang menekankan penciptaan suatu hal baru dengan cara yang ada daripada menemukan cara baru untuk mencapai tujuan tertentu.

Prinsip risiko yang dapat diganggung adalah komitmen di awal terhadap kesediaan seseorang untuk menaggung kerugian daripada berinvestasi dengan mengalkulasi imbal hasil yang diharapkan dari suatu proye.

Prinsip burung di tangan adalah melibatkan negosiasi dengan setiap pihak berkepentingan yang bersedia member komitmen nyata pada proyek.

Prinsip limun adalah menyarankan untuk mengendalikan kejutan agar mendapatkan manfaat daripada menghindari ,dengan mengatasi atau beradaptasi dengan kejutan itu.

Prinsip pilot dalam pesawat adalah menyarankan untuk mengandalkan dan bekerja dengan orang yang merupakan pemandu utama peluang dan tidak membatasi upaya pengusaha untuk mengeksploitasi factor-faktor yang berada di luar kendali individu.

Pengertian kemampuan beradaptasi secara kognitif adalah menggambarkan sampai sejauh mana pengusaha bersikap dinamis, fleksibel, mengatur diri sendiri, dan terlibat dalam proses mendapatkan kerangka kerja pengambilan beragam keputusan yang berfokus pada kemampuan merasaka serta memproses perubahan dalam lingkungan mereka lalu bertindak terhadap perubahan tersebut.

Pengertian pertanyaan pemahaman adalah pertanyaan yang didesain untuk meningkatkan pemahaman pengusaha tentang sifat alamiah dari lingkungan.

Pengertian tugas keterkaitan adalah tugas yang didesain untuk menstimulasi pengusaha untuk berpikir tentang situasi saat ini berkaitan dengan kesamaan dan perbedaan dalam situasi yang sebelumnya dihadapi dan dipecahkan.

Pengertian tugas strategi adalah tugas yang didesai untuk menstimulasi pengusaha agar berpikir tentang strategi-strategi yang sesuai untuk memecahkan permasalahan (dan mengapa digunakan strageti tersebut ) atau mengejar peluang (dan bagaimana cara mengejar peluang tersebut).

Pengertian tugas refleksi adalah tugas yang didesain untuk menstimulasi pengusaha agar berpikir tentang pemahaman dan perasaan mereka seiring kemajuan yang mereka lakukan di sepanjang proses kewirausahaan.

Pengertian kesedihan adalah respons emosi negative ketika seseorang  merasakan kehilangan sesuatu yang penting

Pengertian orientasi pada kehilangan adalah pendekatan atas pemulihan kesedihan yang melibatkan usaha , pemrosesan ,sejumlah aspek dari pengalaman kehilangan dan, sebagai hasil dari proses ini, memutus ikatan emosional atas objek yang hilang.

Pengertian orientasi pada perbaikan adalah pendekatan atas pemulihan kesedihan berdasarkan pada penghindaran dan tindakan proaktif terhadap sumber sekunder stress yang timbul dari rasa kehilangan yang besar.

Pengertian proses ganda kesedihan adalah melibatkan pergerakan antara dua pendekatan pemulihan kesedihan (orientasi pada kehilangan dan orientasi pada perbaikan).

 

Sumber : : buku KEWIRAUSAHAAN bab2 ,Robert D. Hisrich,Michael P. Peters, Dean A. Shepherd,penerbit salemba empat.



Semoga membantu :)



By:tamachan :)

No comments:

Post a Comment